Spesial yg untuk bikin efek baru utk gta sa (BASIC)
1. buka effect.fxp di notepad
2. biasanya setiap efek pasti dimulai dengan:
FX_SYSTEM_DATA:
109
FILENAME: X:\SA\FxTools\Data\effects\gta_pc\particles/xxxxxx.fxs
NAME: xxxxxxx
LENGTH: x.xxx
LOOPINTERVALMIN: x.xxx
LENGTH: x.xxx
PLAYMODE: x ( 0, 1, dan 2)
CULLDIST: xx.xxx
BOUNDINGSPHERE: x.x x.x x.x x.x
NUM_PRIMS: (jumlah FX_PRIM_EMITER_DATA)
FX_PRIM_EMITTER_DATA:
dan diakhiri dgn
LODSTART: xx.xxx
LODEND: xx.xxx
OMITTEXTURES: x
TXDNAME: NOTXDSET ( biasanya ditulis NOTXDSET )
3. nah sekarang kita beralih ke partikel
setelah "FX_PRIM_EMITTER_DATA" di bawah nya akan ditulis "FX_PRIM_BASE_DATA:"
yg gw tulis diatas tadi, itu adalah emiter dari partikel tersebut
contoh :
FX_SYSTEM_DATA:
109
FILENAME: X:\SA\FxTools\Data\effects\gta_pc\particles/xxxxxx.fxs
NAME: xxxxxxx
LENGTH: x.xxx
LOOPINTERVALMIN: x.xxx
LENGTH: x.xxx
PLAYMODE: x ( 0, 1, dan 2)
CULLDIST: xx.xxx
BOUNDINGSPHERE: x.x x.x x.x x.x
NUM_PRIMS: (jumlah FX_PRIM_EMITER_DATA)
FX_PRIM_EMITTER_DATA:
FX_PRIM_BASE_DATA:
4. setiap emiter memiliki informasi primer seperti yg tertulis di bawah ini
FX_PRIM_BASE_DATA:
NAME: ParticleEmitter <<--- nama emiter
MATRIX: 1.000 0.000 0.000 0.000 1.000 0.000 0.000 0.000 1.000 0.000 0.000 0.000 <<--- matrix gw gatau itu apa bukan rotasi/posisi tapi teman gw matrix utk texture.
TEXTURE: fireball <<--- texture utama
TEXTURE2: NULL <<--- texture kedua
TEXTURE3: NULL <<--- texture ketiga
TEXTURE4: NULL <<--- texture keempat
ALPHAON: 1 <<--- penggunaan alpha texture/channel
SRCBLENDID: 4 <<--- | kedua parameter 'blendid' seperti d3d blend
DSTBLENDID: 5 <<----| loe bisa liat di http://msdn.microsoft.com/en-us/library/windows/desktop/bb172251%28v=vs.85%29.aspx
5. informasi skunder
NUM_INFOS: 6
FX_INFO_EMLIFE_DATA:
LIFE:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 9.000
BIAS:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 5.000
yg diatas tuh waktu 'hidupnya' partikel (waktu digunakan dalam ms untuk mematikan partikel (biasanya memudar))
FX_INFO_EMROTATION_DATA:
ANGLEMIN:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 0.000
ANGLEMAX:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 360.000
untuk perputaran partikel ( dalam derajat busur (kalau 360 berarti perputaran penuh)
FX_INFO_FORCE_DATA:
TIMEMODEPRT: 1
FORCEX:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 0.050
FORCEY:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 0.000
FORCEZ:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 0.150
yg diatas 'force' itu adalah arah partikel sebagai contoh: http://i144.photobuc...stVice/wowa.jpg (http://i144.photobuc...stVice/wowa.jpg
loe juga bisa mengubah 'force' dgn ngegunain waktu. dgn nambahin NUM_KEYS
FX_INFO_ROTSPEED_DATA:
TIMEMODEPRT: 1
MINCW:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 50.000
MAXCW:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 100.000
MINCCW:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 50.000
MAXCCW:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 100.000
yg diatas tuh itu utk mempercepat rotasi kecepatan texture
FX_INFO_COLOUR_DATA:
TIMEMODEPRT: 1
RED:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 4
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 255.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.100
VAL: 255.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.600
VAL: 255.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.900
VAL: 0.000
GREEN:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 4
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 255.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.100
VAL: 215.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.600
VAL: 210.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.900
VAL: 0.000
BLUE:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 4
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 255.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.100
VAL: 84.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.600
VAL: 0.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.900
VAL: 0.000
ALPHA:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 4
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 0.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.100
VAL: 255.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.600
VAL: 0.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.900
VAL: 0.000
itu adalah kode RGBA. misalnya klo loe make waktu jgn lupa ngeganti 'TIME' di
FX_KEYFLOAT_DATA misalnya :
BLUE:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 4
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000 <<--- time disini kgk ada truzz di keyfloat selanjutnya
VAL: 255.000 v v v v
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.100 <<--- tulis waktu yg akan dirubah warnanya dan seterusnya
VAL: 84.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.600
VAL: 0.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.900
VAL: 0.000
FX_INFO_SIZE_DATA:
TIMEMODEPRT: 1
SIZEX:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 2
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 0.500
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 1.000
VAL: 3.000
SIZEY:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 2
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 0.500
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 1.000
VAL: 3.000
SIZEXBIAS:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 2
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 0.500
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 1.000
VAL: 1.500
SIZEYBIAS:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 2
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 1.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 1.000
VAL: 1.500
yg diatas tuh utk ukuran partikel yg loe mau
terima kasih. kalau ada kesalahan gw, gw hanya bilang maaf aja
kalau loe kgk ngerti tinggalin komentar loe. thx
1. buka effect.fxp di notepad
2. biasanya setiap efek pasti dimulai dengan:
FX_SYSTEM_DATA:
109
FILENAME: X:\SA\FxTools\Data\effects\gta_pc\particles/xxxxxx.fxs
NAME: xxxxxxx
LENGTH: x.xxx
LOOPINTERVALMIN: x.xxx
LENGTH: x.xxx
PLAYMODE: x ( 0, 1, dan 2)
CULLDIST: xx.xxx
BOUNDINGSPHERE: x.x x.x x.x x.x
NUM_PRIMS: (jumlah FX_PRIM_EMITER_DATA)
FX_PRIM_EMITTER_DATA:
dan diakhiri dgn
LODSTART: xx.xxx
LODEND: xx.xxx
OMITTEXTURES: x
TXDNAME: NOTXDSET ( biasanya ditulis NOTXDSET )
3. nah sekarang kita beralih ke partikel
setelah "FX_PRIM_EMITTER_DATA" di bawah nya akan ditulis "FX_PRIM_BASE_DATA:"
yg gw tulis diatas tadi, itu adalah emiter dari partikel tersebut
contoh :
FX_SYSTEM_DATA:
109
FILENAME: X:\SA\FxTools\Data\effects\gta_pc\particles/xxxxxx.fxs
NAME: xxxxxxx
LENGTH: x.xxx
LOOPINTERVALMIN: x.xxx
LENGTH: x.xxx
PLAYMODE: x ( 0, 1, dan 2)
CULLDIST: xx.xxx
BOUNDINGSPHERE: x.x x.x x.x x.x
NUM_PRIMS: (jumlah FX_PRIM_EMITER_DATA)
FX_PRIM_EMITTER_DATA:
FX_PRIM_BASE_DATA:
4. setiap emiter memiliki informasi primer seperti yg tertulis di bawah ini
FX_PRIM_BASE_DATA:
NAME: ParticleEmitter <<--- nama emiter
MATRIX: 1.000 0.000 0.000 0.000 1.000 0.000 0.000 0.000 1.000 0.000 0.000 0.000 <<--- matrix gw gatau itu apa bukan rotasi/posisi tapi teman gw matrix utk texture.
TEXTURE: fireball <<--- texture utama
TEXTURE2: NULL <<--- texture kedua
TEXTURE3: NULL <<--- texture ketiga
TEXTURE4: NULL <<--- texture keempat
ALPHAON: 1 <<--- penggunaan alpha texture/channel
SRCBLENDID: 4 <<--- | kedua parameter 'blendid' seperti d3d blend
DSTBLENDID: 5 <<----| loe bisa liat di http://msdn.microsoft.com/en-us/library/windows/desktop/bb172251%28v=vs.85%29.aspx
5. informasi skunder
NUM_INFOS: 6
FX_INFO_EMLIFE_DATA:
LIFE:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 9.000
BIAS:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 5.000
yg diatas tuh waktu 'hidupnya' partikel (waktu digunakan dalam ms untuk mematikan partikel (biasanya memudar))
FX_INFO_EMROTATION_DATA:
ANGLEMIN:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 0.000
ANGLEMAX:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 360.000
untuk perputaran partikel ( dalam derajat busur (kalau 360 berarti perputaran penuh)
FX_INFO_FORCE_DATA:
TIMEMODEPRT: 1
FORCEX:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 0.050
FORCEY:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 0.000
FORCEZ:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 0.150
yg diatas 'force' itu adalah arah partikel sebagai contoh: http://i144.photobuc...stVice/wowa.jpg (http://i144.photobuc...stVice/wowa.jpg
loe juga bisa mengubah 'force' dgn ngegunain waktu. dgn nambahin NUM_KEYS
FX_INFO_ROTSPEED_DATA:
TIMEMODEPRT: 1
MINCW:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 50.000
MAXCW:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 100.000
MINCCW:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 50.000
MAXCCW:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 1
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 100.000
yg diatas tuh itu utk mempercepat rotasi kecepatan texture
FX_INFO_COLOUR_DATA:
TIMEMODEPRT: 1
RED:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 4
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 255.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.100
VAL: 255.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.600
VAL: 255.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.900
VAL: 0.000
GREEN:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 4
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 255.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.100
VAL: 215.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.600
VAL: 210.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.900
VAL: 0.000
BLUE:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 4
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 255.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.100
VAL: 84.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.600
VAL: 0.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.900
VAL: 0.000
ALPHA:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 4
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 0.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.100
VAL: 255.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.600
VAL: 0.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.900
VAL: 0.000
itu adalah kode RGBA. misalnya klo loe make waktu jgn lupa ngeganti 'TIME' di
FX_KEYFLOAT_DATA misalnya :
BLUE:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 4
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000 <<--- time disini kgk ada truzz di keyfloat selanjutnya
VAL: 255.000 v v v v
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.100 <<--- tulis waktu yg akan dirubah warnanya dan seterusnya
VAL: 84.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.600
VAL: 0.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.900
VAL: 0.000
FX_INFO_SIZE_DATA:
TIMEMODEPRT: 1
SIZEX:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 2
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 0.500
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 1.000
VAL: 3.000
SIZEY:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 2
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 0.500
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 1.000
VAL: 3.000
SIZEXBIAS:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 2
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 0.500
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 1.000
VAL: 1.500
SIZEYBIAS:
FX_INTERP_DATA:
LOOPED: 0
NUM_KEYS: 2
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 0.000
VAL: 1.000
FX_KEYFLOAT_DATA:
TIME: 1.000
VAL: 1.500
yg diatas tuh utk ukuran partikel yg loe mau
terima kasih. kalau ada kesalahan gw, gw hanya bilang maaf aja
kalau loe kgk ngerti tinggalin komentar loe. thx
makasih bgt bg!!!!! tapi prt_blood itu file apa ya bg?
BalasHapus